Setelah Vaksin Covid-19, Bolehkah Melakukan Donor Darah?



ilustrasi

Pada masa pandemi covid-19, melakukan vaksinasi menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan. Jika seseorang bisa melakukan vaksinasi covid-19, maka sebaiknya langsung melakukannya.

Dengan vaksinasi, kita bisa menjaga diri kita serta orang lain dari risiko penyebaran covid-19. Namun, jika ingin melakukan donor darah apakah boleh dilakukan setelah vaksinasi?

“Dengan adanya pandemi ini, penduduk diwajibkan vaksinasi sehingga ada beberapa kebijakan yang membuat kita harus mengubah regulasi mengenai donor darah,” ujar dr.Robby Nur Aditya M.Si.i - Kepala Bidang Pembinaan Kualitas UDD Pusat PMI melalui IG Live UTD Pusat PMI.

Menurut dr. Robby, jika ingin melakukan donor darah setelah vaksinasi boleh-boleh saja dilakukan. Asalkan harus ada jarak waktunya. Setelah vaksinasi, baik itu vaksin pertama atau kedua diberikan jarak 7 hari atau seminggu, baru boleh melakukan donor darah.

“Ini dilakukan untuk melihat efek samping dari vaksinasi tersebut, apakah ada efek samping yang berat atau tidak. Kalau ada reaksi atau KIPI maka sebaiknya ditunda dulu untuk melakukan donor darah. Sampai seseorang tersebut benar-benar fit, barulah boleh melakukan donor darah,” kata dr. Robby.

Sebelum seseorang melakukan donor darah, biasanya darah tersebut akan dilakukan skrining terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk mengetahui beberapa potensi penyakit yang ada di dalam darah. Seperti penyakit Hepatitis B, Hepatitis C, HIV, dan Sifilis.

“Kalau untuk skrining penyakit tersebut, tidak ada kaitannya dengan vaksinasi. Jadi aman-aman saja. Dengan melakukan vaksinasi tidak akan membuat seseorang menjadi HIV Positif, Hepatitis B Positif, Hepatitis C Positif, ataupun Sifilis, tidak ada kaitannya itu,” tambah dr. Robby.

Pemeriksaan skrining penyakit tersebut dilakukan agar darah yang diberikan kepada penerima sehat dan tidak menularkan penyakit. Kalau yang belum vaksin tetapi mau donor darah tentu saja diperbolehkan. Mungkin mau donor darah dulu baru vaksin, boleh-boleh saja.

“Hanya saja yang terpenting kalau memang sudah vaksin, sebaiknya tunggu seminggu dulu untuk mengetahui apakah ada KIPI dari vaksin tersebut. Baik itu vaksin pertama, kedua maupun ketiga. Tidak perlu takut melakukan donor darah setelah vaksinasi,” tutup dr. Robby.